Tuesday, June 10, 2014

WORSHIP LEADER PART 2

Kembali kita sambung bahasan kita mengenai Worship Leader.

Kali ini kita akan membahas mengenai Skill atau kemampuan penunjang, yang harus dimiliki atau dipelajari oleh seorang WL.



PITCH CONTROL (ketepatan nada)
Untuk melatih bagian ini, kita bisa mulai dengan mencoba mendengarkan satu nada yang dibunyikan dan sesegera mungkin kita menirukan tinggi rendah nada yang dimainkan. 
Dengan latihan yang teratur, peningkatan kepekaan kita akan ketepatan menembak nada tersebut dari waktu ke waktuakan semakin membaik.


ARTIKULASI (Pengucapan)
Untuk melatihnya kita bisa latihan membaca koran dengan kecepatan yang perlahan dan semakin hari semakin meningkat kecepatannya. Hal tersebut dilakukan untuk melatih lidah kita untuk dapat melafalkan kata-kata dengan tepat & jelas. Jika artikulasi kita jelas, apapun yang sedang kita katakan dapat dipahami dengan baik oleh orang yang mendengarnya.

PERNAFASAN
Pernafasan yang baik adalah pernafasan yang dilakukan dengan melatih diafragma. Cara mudah dan efektif yang dapat kita lakukan untuk mempercepat kelenturan diafragma kita ada antara lain dengan secara teratur berolah raga (seperti lari dan senam) untuk membuat diafragma menjadi lentur dan membuat kita bisa menyanyikan lagu worship dengan lebih nyaman dan bisa membawakan lagu praise tanpa terengah-engah, sekalipun kita menyanyi sambil melompat-lompat.

Seorang Worship Leader bukan hanya menyanyi. Kadang dia juga harus melakukan shout, berbicara dan juga bergerak. Kita harus melatih tubuh kita untuk mempunyai daya tahan yang baik, sehingga daya tahan tubuh tidak menjadi pengganggu bagi kita untuk memberi yang terbaik bagi TUHAN.

APRESIASI LAGU
Dalam mengapresiasi sebuah lagu ada beberapa hal yang kita harus perhatikan, yaitu:

●●Pengenalan lagu

Lagu jenis apa. Karena ketika kita menyanyikan lagu praise tidak akan sama bobotnya dan tuntutannya dengan ketika kita menyanyikan lagu worship.

●●Pemahaman lagu
Coba pelajari lagu ini mempunyai beat seperti apa, jenis musiknya apa, alat musik yang mendominasi apa (karena alat musik yang mendominasi itulah yang kita jadikan patokan kita untuk membayangkan seperti apa seharusnya lagu itu dinyanyikan),jika memungkinkan cari tahu apa alasan penciptanya menciptakan lagu tersebut sehingga kita bisa lebih lagi memahami maksud, arti, makna dari lagu tersebut.

●●Penerjemahan lagu
Dalam mengapresiasikan sebuah lagu, serngkali kita tidak bisa langsung dapat menangkap pesan lagu tersebut hanya dengan satu-dua kali mendengar. Saran saya, sering-seringlah mendengar & menyimak lagu baru tersebut. Misalnya, minimal kita mendengarkannya dan mencoba ikut menyanyi sekitar 5-10X, sehingga kita bukan hanya bisa menyanyi tapi juga bisa mengerti makna dari lagu tersebut. 
Dalam bahasa sehari-hari, usahakan untuk mengenal lagu tersebut sampai pada taraf “dengan menutup mata sekalipun, kita bisa menyanyikan lagu tersebut tanpa harus terus melihat ke text lagu yang ada.


Hal-hal yang paling sering terjadi di lapangan saat kita melayani adalah:

● SECARA FISIK●

●●GROGI
Grogi (demam panggung), kadang membuat kita mendadak jadi “BLANK” tidak tahu harus berbuat apa dan tiba-tiba menjadi bodoh. Jangan takut. Tarik nafas dan buang secara perlahan. Jika belum bisa mengurangi rasa grogi anda, tutup saja mata anda, dan bukalah ketika anda sudah bisa menata degup jantung anda ke ritme normal. Setelah itu usahakan untuk mencari orang-orang yang anda kenal dan yang anda yakini mereka adalah pendukung setia anda, yang dapat menerima anda dalam kekurangan dan kelebihan yang anda miliki.

●●ADUH, JEMAATnya KAKU
Jangan patah semangat ketika kondisi seperti itu terjadi. Ini biasanya disebabkan kurang kenalnya jemaat yang kita layani dengan si WL. Apabila kita mengalami suasana seperti itu, cobalah untuk mencairkan kekakuan yg terjadi dengan ICE BREAKER. Sapa dan tanyakan khabar jemaat. Jika memungkinkan, lemparkan joke yang elegant tetapi tidak merusak. Lakukan semuanya dengan tulus karena jangan anda kira para jemaat tidak bisa merasakan apakah anda tulus atau tidak. Mereka bisa merasakan. Jadi Tuluslah :)

●●OOPS ... I DID IT AGAIN
Kesalahan yang berulang. Jangan takut. Jangan malu. Bukan cuma anda yang mengalami. Dan jangan takut untuk salah. Puji Tuhan kita melakukan kesalahan karena ketika kita melakukan kita akan tahu dimana kekurangan kita sehingga kita akan semakin berhati-hati lagi. Tapi ya kalau bisa jangan terlalu sering kita melakukan kesalahan, apalagi di tempat-tempat yang sama. Itu menunjukkan kita tidak mau belajar dan kurang berusaha untuk menjadi lebih baik.

●●PEMAINNYA SIH, TIDAK MENDUKUNG
Jangan pernah salahkan pemain. Karena seperti adanya namanya, Worship Leader adalah pemimpin sesungguhnya. Jadi kalau bawahan melakukan kesalahan, yang paling salah dalam hal itu adalah anda sebagai pemimpin, karena artinya anda sebagai pemimpin kurang bisa mengkomunikasikan apa yang anda mau dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti & dipahami oleh semua orang.

Yang penting Jangan bertindak arrogant, tetapi gembalakanlah mereka dengan kasih dan pengertian. Jangan paksa mereka memenuhi tuntutan anda, tapi paksalah mereka untuk MEMBERI YANG TERBAIK (beri pengertian kepada siapa mereka bertanggungjawab ketika melakukan pelayanan,kita sedang melayani TUHAN) dari yang terbaik yang mereka bisa lakukan (jangan paksa mereka diatas kemampuan mereka, itu akan membuat mereka stress dan tidak enjoy dalam bermain. Itu sungguh akan amat sangat merugikan anda.


●SECARA JIWA/SPIRIT●


●●Apa itu mengalir?
Kadang kita berpikir, mengalir itu artinya bagaimana nanti. Itu kurang tepat. Yang betul, bukan bagimana nanti, tetapi nanti bagaimana. Kita tetap siapkan yang terbaik. Tapi apa yang kita persiapkan secara JASMANI jangan DIJADIKAN PATOKAN untuk harus SEPERTI ITU. Serahkan kepada HOLY SPIRIT untuk memilih bagaimana dia ingin menyanyi, bagaimana dia ingin menyembah,bukan kehendak dan kesenangan pribadi lagi yang ada, tapi usahakanlah untuk  peka dengan apa yang Tuhan ingin “NGALIR” itu harus didahului dengan “KEMATANGAN” yang cukup. KEMATANGAN hanya bisa didapat lewat latihan dan latihan. Jadi Hanya yang terlatihlah yang bisa maksimal untuk mengalir dan bisa nge-flow. Ingin bisa nge-flow?

TINGKATKAN KAPASITAS ANDA SEHINGGA KETERBATASAN ANDA TIDAK MENGHAMBAT KE-KREATIF-AN ROH KUDUS BERKARYA LEWAT ANDA.


Jangan DILUPAKAN :

●Jagalah hatimu dengan segala kewasapadaan karena dari sanalah terpancar kehidupan. Jika ingin menjadi Worship Leader yang hidup, JAGALAH HATIMU, jangan sampai ada yang MENODAI disana, karena begitu sedikit saja hati ini ternoda, maka kita akan seperti radio yang “TUNER” nya sedang tidak “TEPAT” maka suaranya akan bunyi KERESEK ... KERESEK.. TIDAK JELAS. Jadi pas-kan TUNER ANDA DI FREKUENSI YANG TEPAT. Maka anda akan mendengar dengan jelas apa yang DIA katakan.


●MENANGKAN PEPERANGANMU, TERUTAMA MELAWAN MUSUH YANG KECIL-KECIL. Untuk mudahnya memahami bagian ini adalah: contoh, bisakah anda sudah mengalahkan diri anda dengan tidak pernah untuk berani coba-coba berbohong, sekalipun untuk hal-hal yang kecil, misalnya ketika ditanya sudah apa belum? Anda menjawab sudah, padahal anda baru saja hendak melakukan, atau yang sering saya lihat, paling sering kalah ditempat yang tampaknya sederhana, tapi ketika kita merenungkannya kita tahu itu amatlah berbahaya. Yang paling sering menipu kita adalah SIKAP SERING MENCARI ALASAN. Tadinya saya berpikir masak mencari alasan begitu besar dampaknya? Tapi ketika saya merenungkannya kembali, saya tahu, mencari alasan itu sangat berbahaya. Sebab tanpa kita sadari kita menjadi pribadi yang tidak takut untuk BERBOHONG, tanpa kita sadari kita menjadi pribadi yang TIDAK BERANI BERTANGGUNGJAWAB dan buat saya pribadi, orang yang suka mencari alasan adalah orang yang sebenarnya adalah PEMALAS dan biasanya SUKA MENUNDA. BELAJAR BERTANGGUNGJAWAB dari hal yang KECIL.


●Biasakan untuk berkata YA untuk yang IYA dan TIDAK untuk yang TIDAK.
●TULUSLAH. Karena hanya orang yang tulus hatinya yang boleh naik ke gunung Tuhan. CEK and RICEK terus MOTIVASI. Karena kadang WRONG MOTIVATION akan MEMBUAT ANDA ADA DI “POSISI” YANG SALAH. Jangan sampai apa yang sudah kita lakukan TIDAK MENJADI YANG BERKENAN bagi DIA.
●SELIDIKI AKU, LIHAT HATIKU, APAKAH AKU SUNGGUH MENGASIHI-MU YESUS. KAU YANG MAHA TAHU, DAN MENILAI HIDUPKU, TAK ADA YANG TERSEMBUNYI BAGI-MU. Terus kumandangkan lagu ini sebagai REM dan CERMIN untuk diri kita sendiri.
●INGATLAH. DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT. Miliki KERENDAHAN HATI YANG MUTLAK. Hormati semua yang ada dihadapan kita. Apapun kondisinya.
●AKU INI HANYA HAMBA-MU, DAN AKAN AKU LAKUKAN PERSIS SEPERTI YANG KAU PERINTAHKAN KEPADAKU. SEBAB AKU TAHU, HIDUPKU ADALAH MILIK-MU. Apapun yang bisa kita lakukan untuk DIA itu bukan untuk kita, tapi semuanya UNTUK DIA.

Tuhan Yesus Memberkati.
-FK-